ARTI HIDUP. Ketika kita hendak memasuki era digitalisasi atau internet,
dan mengenal yang dinamakan media
promosi online, pelaku bisnis dan pemilik usaha
biasanya memasarkan produk yang mereka jual dengan menggunakan media promosi konvensional, seperti
iklan dikoran atau yang ditayangkan di televisi.
Untuk tahun-tahun belakangan ini, media
promosi menggunakan platfrom online adalah salah satu solusi bagi para pebisnis
untuk meraih keuntungan yang lebih banyak dengan cara yang lebih
mudah, praktis,dan tentunya
sangat efisien.
Apa Itu Media Promosi Online
Semisal diartikan secara literal, media berarti jembatan atau perantara, yaitu perantara sumber pesan yang akan menuju ke penerima pesan. Bisa diartikan pula bahwa media merupakan alat atau sarana
yang digunakan pelaku bisnis untuk menyampaikan suatu pesan dari komunikator kepada publik.
Sementara itu, yang dimaksud dengan media promosi
adalah sebuah sarana yang digunakan dalam mendukung kegiatan promosi dan pengenalan
produk atau jasa kepada masyarakat umum. Promosi sesndiri merupakan suatu kegiatan dalam bidang
pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau pun bisnis kepada pembeli atau konsumen.
Nah dari sini, bisa diartikan bahwa media promosi online ialah suatu aktivitas promosi untuk
memperkenalkan suatu produk atau jasa. Proses pemasaran tersebut dilakukan
secara online melalui media internet dan memanfaatkan kecanggihan
teknologi yang ada sekarang.
Pengenalan sebuah
produk yang dilakukan
secara online merupakan rangkaian kegiatan, mulai dari perencanaan,
tindakan, pelayanan hingga pengiriman produk. Sebagian besar aktivitasnya dilakukan menggunakan media online.
Faktor
yang menjadikan promosi online lebih sering digunakan sekarang ini adalah
karena jumlah pengguna internet yang semakin hari memang semakin bertambah banyak. Hal ini sangat jelas menguntungkan sekali, karena memudahkan proses pemasaran, penjualan dan penargetan pasar.
Pemasaran produk
atau jasa secara online dapat dilakukan
melalui media promosi menggunkan sosial
media yang kamu miliki. Antara lain seperti menggunakan Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, dll.
Beberapa Media Promosi Online Yang Bisa Kamu Coba
1. Facebook Ads
Negara kita Indonesia termasuk
dalam 5 besar negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia. Alasan inilah yang menjadikan Facebook Ads
sebagai media pengenalan produk dan jasa melalui media online paling efektif untuk promosi.
Di lihat dari Demografi pengguna Facebook di Indonesia sangat beragam dan mencakup
berbagai kelompok usia. Hal ini juga memudahkan kamu sebagai pebisnis ataupun pengusaha untuk
menentukan target iklan dengan spesifik dan tertarget.
Dan keuntungan
lainnya adalah, jika kita selaku
pembisnis memasarkan produk dengan Facebook Ads,
iklan tersebut tidak hanya akan tayang di Facebook, tapi juga bisa muncul di
website lain yang bekerja sama dengan pihak Facebook.
Tapi,
layanan ini tidak gratis. Kamu perlu membayar biaya untuk mulai promosi di sini. Biaya Facebook Ads tergolong murah, mulai
dari Rp10.000 saja kamu sudah bisa pasang iklan di
facebook ads.
2. Google Shopping
Google Ads merupakan platform media pemasaran online yang memiliki beragam
pilihan campaign yang bisa kamu pilih. Bila kamu bertujuan untuk meningkatkan
penjualan produk, Google Shopping bisa menjadi alternatif yang relevan untuk kamu coba.
Iklan di Google Shopping berisikan
gambar produk, harga, dan link ke yang langsung
mengarah ke toko online kamu. Informasi
spesifik ini sangat cocok untuk audiens tertarget yang memang siap berbelanja. Jika kamu ingin menggunakan Google Shopping untuk
berpromosi, kamu perlu membuat akun Google Ads dan Google Merchant Center terlebih dahulu.
3. Instagram Ads
Instagram dan Facebook memang berada
dalam satu naungan perusahaan yang sama. Dahulu, kalau ingin melakukan promosi produk melalui Instagram, kamu harus memasang iklan
lewat Facebook Ads terlebih dahulu. Saat ini, kamu sebagai pebisnis atau pengusaha makin
di permudahkan,karena
beriklan di intragram ads dapat
langsung lewat aplikasi Instagram via smartphone.
Untuk biaya Sama halnya dengan Facebook Ads, biaya iklan di Instagram juga tergolong ringan,
mulai dari Rp20.000 saja.
4. TikTok Ads
TikTok yang belakangan ini semakin membuming dengan peningkatan penggunanya, dulu lebih dikenal sebagai media
sosial yang sering digunakan untuk berjoget-joget, ternyata saat ini sudah bisa digunakan
untuk mendatangkan keuntungan bagi pebisnis untuk beriklan
di aplikasi ini.
TikTok Ads merupakan salah
satu media promosi online yang juga dinilai efektif, menguntungkan, dan mudah penargetan pasar. Untuk tampilan iklan promosi di platfrom ini biasanya
kebanyakn menggunakan format vidio.
5.
YouTube Ads
Menurut banyak survey, Media promosi platfrom online paling
efektif berikutnya yang bisa kamu coba yaitu YouTube Ads. Media
promosi online satu ini, dinilai lebih efektif dalam pemasaran produk atau jasa karena jangkauannya yang sangat luas sekali, sebanding dengan harga iklan yang harus kamu bayar untuk biaya iklannya di platfrom ini.
Beriklan produk atau jasa di YouTube bisa dilakukan melalui Google Ads. Biaya yang harus di bayarkan berkisar
antara $0,003 sampai $0,10 per video yang tayang. Harga ini tidak permanen karena memang cukup bervariasi,
tergantung wilayah mana yang kamu targetkan untuk penayangan iklan di You Tube.
8. Marketplace
Bukan
hanya dikenal sebagai platfrom untuk berjualan saja, tapi
juga membantu
bisnis kamu agar semakin dikenal keseluruh plosok. Tiap-tiap marketplace di negara kita biasanya
juga sudah
menyediakan fitur iklan yang bisa kamu manfaatkan sebagai media
promosi secara online.
Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk memasarkan produk secara gratis
di marketplace adalah dengan membuat katalog yang sebagus mungkin. Karena ini berfungsi untuk menarik minat dan
mendatangkan pelanggan. Dan pastikan deskripsi produk yang kamu buat
cukup detail agar mudah di pahami calon pembeli.
Kenapa Kamu Harus Menggunakan Media Promosi Secara Online?
Ada beberapa alasan yang menyertai kenapa sebagian
besar pebisnis memilih untuk menggunakan media promosi secara online sebagai sarana pengenalan produk yang mereka jual.
- Penargetan pembeli yang lebih mudah dan
tertarget pasarnya
- Membangun brand yang lebih kuat dan lebih efektif
- Kemudahan komunikasi antara customer dengan penjual bisa sewaktu-waktu
- Keuntungan sebagai penjual ialah mendapatkan masukan atau saran langsung
dari customer
- Bisa digunakan secara gratis dan hemat waktu
- Meningkatkan daya saing dengan
kompetitor di bidang bisnis yang sama
Setelah kamu mengerti apa itu yang dimaksud dengan media promosi online, seperti apa sajahkah contoh media promosi di platfrom online, dan apa manfaat yang bisa kamu dapatkan bila menggunakannya, mungkin setelah ini kamu bisa lebih memperhitungkan lagi untuk menggunakan media promosi online sebagai sarana pengenalan dan pemasaran produk yang jauh lebih luas, efektif dan efisien dibandingkan dengan cara-cara lama yang konvensional yang memakan banyak waktu dan biyaya.
Posting Komentar