ARTI HIDUP. Ketika kita hendak memasuki era digitalisasi atau internet,  dan mengenal yang dinamakan media promosi online, pelaku bisnis dan pemilik usaha biasanya memasarkan produk yang mereka jual dengan menggunakan media promosi konvensional, seperti iklan dikoran atau yang ditayangkan di televisi. 

 Untuk tahun-tahun belakangan ini, media promosi menggunakan platfrom online adalah salah satu solusi bagi para pebisnis untuk meraih keuntungan yang lebih banyak dengan cara yang lebih mudah, praktis,dan tentunya sangat efisien.

  Apa Itu Media Promosi Online

 Semisal diartikan secara literal, media berarti jembatan atau perantara, yaitu perantara sumber pesan yang akan menuju ke penerima pesan. Bisa diartikan pula bahwa media merupakan alat atau sarana yang digunakan pelaku bisnis untuk menyampaikan suatu pesan dari komunikator kepada publik. 

 Sementara itu, yang dimaksud dengan media promosi adalah sebuah sarana yang digunakan dalam mendukung kegiatan promosi dan pengenalan produk atau jasa kepada masyarakat umum. Promosi sesndiri merupakan suatu kegiatan dalam bidang pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau pun bisnis kepada pembeli atau konsumen.

 Nah dari sini, bisa diartikan bahwa media promosi online ialah suatu aktivitas promosi untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa. Proses pemasaran tersebut dilakukan secara online melalui media internet dan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada sekarang.

 Pengenalan sebuah produk yang dilakukan secara online merupakan rangkaian kegiatan, mulai dari perencanaan, tindakan, pelayanan hingga pengiriman produk. Sebagian besar aktivitasnya dilakukan menggunakan media online

 Faktor yang menjadikan promosi online lebih sering digunakan sekarang ini adalah karena jumlah pengguna internet yang semakin hari memang semakin bertambah banyak. Hal ini sangat jelas menguntungkan sekali, karena memudahkan proses pemasaran, penjualan dan penargetan pasar.

 Pemasaran produk atau jasa secara online dapat dilakukan melalui media promosi menggunkan sosial media yang kamu miliki. Antara lain seperti menggunakan Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, dll.

Beberapa Media Promosi Online Yang Bisa Kamu Coba

1. Facebook Ads

 Negara kita Indonesia termasuk dalam 5 besar negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia. Alasan inilah yang menjadikan Facebook Ads sebagai media pengenalan produk dan jasa melalui media online paling efektif untuk promosi.

 Di lihat dari Demografi pengguna Facebook di Indonesia sangat beragam dan mencakup berbagai kelompok usia. Hal ini juga memudahkan kamu sebagai pebisnis ataupun pengusaha untuk menentukan target iklan dengan spesifik dan tertarget.

 Dan keuntungan lainnya adalah, jika kita selaku pembisnis memasarkan produk dengan Facebook Ads, iklan tersebut tidak hanya akan tayang di Facebook, tapi juga bisa muncul di website lain yang bekerja sama dengan pihak Facebook. 

 Tapi, layanan ini tidak gratis. Kamu perlu membayar biaya untuk mulai promosi di sini. Biaya Facebook Ads tergolong murah, mulai dari Rp10.000 saja kamu sudah bisa pasang iklan di facebook ads

tool auto pilot Berbisnis online menggunakan kendaraan internet begitu banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa anda dapatkan, seperti jangkauannya luas, online 24 jam non stop, bisa dikerjakan dimana saja, tak terikat waktu dan tempat, dan lain-lain. segera miliki e-book ini>>> Klik Di Sini

2. Google Shopping

 Google Ads merupakan platform media pemasaran online yang memiliki beragam pilihan campaign yang bisa kamu pilih. Bila kamu bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk, Google Shopping bisa menjadi alternatif yang relevan untuk kamu coba.

 Iklan di Google Shopping berisikan gambar produk, harga, dan link ke yang langsung mengarah ke toko online kamu. Informasi spesifik ini sangat cocok untuk audiens tertarget yang memang siap berbelanja. Jika kamu ingin menggunakan Google Shopping untuk berpromosi, kamu perlu membuat akun Google Ads dan Google Merchant Center terlebih dahulu.

3. Instagram Ads

 Instagram dan Facebook memang berada dalam satu naungan perusahaan yang sama. Dahulu, kalau ingin melakukan promosi produk melalui Instagram, kamu harus memasang iklan lewat Facebook Ads terlebih dahulu. Saat ini, kamu sebagai pebisnis atau pengusaha makin di permudahkan,karena beriklan di intragram ads dapat langsung lewat aplikasi Instagram via smartphone.

Untuk biaya Sama halnya dengan Facebook Ads, biaya iklan di Instagram juga tergolong ringan, mulai dari Rp20.000 saja.

4. TikTok Ads

 TikTok yang belakangan ini semakin membuming dengan peningkatan penggunanya, dulu lebih dikenal sebagai media sosial yang sering digunakan untuk berjoget-joget, ternyata saat ini sudah bisa digunakan untuk mendatangkan keuntungan bagi pebisnis untuk beriklan di aplikasi ini.

 TikTok Ads merupakan salah satu media promosi online yang juga dinilai efektif, menguntungkan, dan mudah penargetan pasarUntuk tampilan iklan promosi di platfrom ini biasanya kebanyakn menggunakan format vidio.

5. YouTube Ads

 Menurut banyak survey, Media promosi platfrom online paling efektif berikutnya yang bisa kamu coba yaitu YouTube Ads. Media promosi online satu ini, dinilai lebih efektif dalam pemasaran produk atau jasa karena jangkauannya yang sangat  luas sekali, sebanding dengan harga iklan yang harus kamu bayar untuk biaya iklannya di platfrom ini.

 Beriklan produk atau jasa di YouTube bisa dilakukan melalui Google Ads. Biaya yang harus di bayarkan berkisar antara $0,003 sampai $0,10 per video yang tayang. Harga ini tidak permanen karena memang cukup bervariasi, tergantung wilayah mana yang kamu targetkan untuk penayangan iklan di You Tube.

8. Marketplace

 Bukan hanya dikenal sebagai platfrom untuk berjualan saja, tapi juga membantu bisnis kamu agar semakin dikenal keseluruh plosok. Tiap-tiap marketplace di negara kita biasanya juga sudah menyediakan fitur iklan yang bisa kamu manfaatkan sebagai media promosi secara online.

 Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk memasarkan produk secara gratis di marketplace adalah dengan membuat katalog yang sebagus mungkin. Karena ini berfungsi untuk menarik minat dan mendatangkan pelanggan. Dan pastikan deskripsi produk yang kamu buat cukup detail agar mudah di pahami calon pembeli.  

Kenapa Kamu Harus Menggunakan Media Promosi Secara Online? 

 Ada beberapa alasan yang menyertai kenapa sebagian besar pebisnis memilih untuk menggunakan media promosi secara online sebagai sarana pengenalan produk yang mereka jual.

 Alasan utamanya tentu saja karena peluang promosi di media online semakin hari semakin meningkat cukup pesat. Dan alasan lainnyac karena:
Jangkauan promosi yang lebih luas kepenjuru plosok.

  • Penargetan pembeli yang lebih mudah dan tertarget pasarnya
  • Membangun brand yang lebih kuat dan lebih efektif
  • Kemudahan komunikasi antara customer dengan penjual bisa sewaktu-waktu
  • Keuntungan sebagai penjual ialah mendapatkan masukan atau saran langsung dari customer
  • Bisa digunakan secara gratis dan hemat waktu
  • Meningkatkan daya saing dengan kompetitor di bidang bisnis yang sama

 Setelah kamu mengerti apa itu yang dimaksud dengan media promosi online, seperti apa sajahkah contoh media promosi di platfrom online, dan apa manfaat yang bisa kamu dapatkan bila menggunakannya, mungkin setelah ini kamu bisa lebih memperhitungkan lagi untuk menggunakan media promosi online sebagai sarana pengenalan dan pemasaran produk yang jauh lebih luas, efektif dan efisien dibandingkan dengan cara-cara lama yang konvensional yang memakan banyak waktu dan biyaya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama